Mengetahui Jenis-Jenis Spa Tradisional di Indonesia

 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan sebuah negeri yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya termasuk dengan budaya. Setiap kota ataupun daerah memiliki ciri khasnya masing-masing termasuk dalam urusan kecantikan. Jenis-jenis spa yang biasanya digunakan oleh wanita jaman dulupun cukup beragam. Karena hampir setiap wanita di penjuru Indonesia memiliki gaya perawatannya masing-masing. Bagaimana? Apakah anda mulai merasa penasaran? Jika anda sudah mulai penasaran, mari kita simak bersama penjelasan mengenai berbagai macam spa di Indonesia berikut ini.

  1. Tangas dari Betawi

Tangan meripakan bahasa betawinya lulur. Dimana biasanya dalam tradisi Betawi, tangas dilakukan untuk ritual pijat, lulur ataupun uap. Dan biasanya bahan alami yang digunakan untuk memulai proses lulur adalah bir pletok khas betawi yang memiliki khasiat luar biasa untuk kulit.

  1. So’oso dari Madura

Jenis-jenis spa dari salah satu kota sate ini memiliki tingkat kepuasan yang perlu di acungi jempol. Pasalnya banyak sekali penikmatnya yang mengakui bahwa dengan so’oso mereka bisa meningkatkan kesegaran dan kesehatan kulit yang mereka dapatkan melalui pijatan eksfoliasi yang menggunakan protein dari telur yang mereka gunakan. Biasanya so’oso sendiri dipercaya mampu mengembalikan energi fisik dan juga spiritual yang digunakan.

  1. Lulur dari Jawa
READ  Ini, Lho, Gejala Epulis Fissuratum yang Jarang Diketahui!

Tentu anda pasti tahu dan mengenali apa itu lulur yang asalnya dari kota Jawa. Lulur sendiri termasuk dalam kategori jenis spa yang sangat digemari dan juga populer. Karena biasanya lulur ini hanya diberikan pada mereka yang bergelar bangsawan. Maka seiring dengan berjalannya waktu lulur sendiri mulai berkembang demi kelangsungan dan kecantikan wanita-wanita Indonesia. Adapun beberapa bahan yang biasanya dimanfaatkan untuk penggunaan lulur adalah beras kencur, kunyit, bengkoang, dan masih banyak lagi.

  1. Batangeh dari Minangkabau

Batangeh sendiri merupakan istilah lain dari mandi uap. Yang mana mandi uap yang biasanya dilakukan adalah mandi uap dengan menggunakan rebusan bunga, daun, kulit kayu, akar, serta berbagai jenis biji-bijian yang banyak mengandung minya atsiri di dalamnya. Selain dengan rebusan bunga, biasanya Batangeh akan memanfaatkan sereh wangi, pandan, sirih, usa harum, bunga kenanga dan masih banyak komposisi lainnya. Adapun fungsi dari Batangeh itu sendiri adalah sebagai cara untuk membersihkan, mengobati dan merawat tubuh. Dan biasanya Batangeh sendiri diperuntukan bagi mereka yang baru saja akan menikah, ibu yang baru saja melahirkan, sedang berupaya menghilangkan bau badan, dan masih banyak lagi hal yang bisa anda lakukan.

READ  Cedera Kepala Menyebabkan Epidural Hematoma? Kenali Penyakit Selengkapnya

Jika anda melakukannya secara rutin, maka kemungkinan anda akan mendapatkan hasil yang maksimal jika anda melakukannya secara tersktruktur. Karena dengan Batangeh yang kita lakukan, kiya juga bisa mengobati penyakit reumatik, penyakit kulit, dan juga sinusitis.

  1. Boreh dari Jawa

Selain lulur, wanita jawa juga terkadang menggunakan boreh untuk menungjang penampilan mereka. Bisa dikatakan boreh ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis-jenis spa yang ada sangat dikagumi. Biasanya spa boreh sendiri membutuhkan bahan-bahan yang cukup banyak. Mulai dari akar-akaran, lada putih, lada hitam, jahe, kunyit, kunir, dan masih banyak lagi. Dan tak jarang dari beberapa pemboreh akan menambahkan minyak telon atau minyak sawit ke dalam racikan yang sudah selesai dan siap untuk digunakan.

READ  Siapa Sangka, Ternyata Olahraga Salah Satu Faktor Penyebab Epidural Hematoma

Bagaimana? Sangat menyenangkan bukan mengenal berbagai macam jenis-jenis spa yang ada. Jika anda memiliki waktu yang melelahkan, maka spa merupakan salah satu upaya relaksasi yang harus anda lakukan.

Sumber :

www.fimela.com