MENGENAL GEJALA DARI HERNIA INGUINALIS

Gejala hernia inguinalis – Hernia adalah kondisi di mana organ dalam tubuh menekan keluar menembus melalui otot dan celah jaringan di sekitarnya sudah melemah. Kondisi ini sendiri adalah kondisi abnormal. Dan salah satu hernia yang paling sering terjadi adalah hernia inguinalis.

Hernia inguinalis sendiri, berdasarkan yang disampaikan alodokter.com, adalah ketika usus keluar dari rongga perut melalui dinding bawah perut ke arah sekitar alat kelamin.

Kondisi ini menyebabkan penderita mengalami benjolan pada kantung buang zakar (skrotum). Benjolan tersebut kemudian menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman, khususnya saat mengangkat beban berat.

Benjolan tersebut akan muncul saat Anda mengangkat beban berat, dan seketika hilang saat Anda dalam posisi berbaring.

Secara umum, hellosehat.com menjelaskan bahwa hernia inguinalis tidak berbahaya. Namun demikian kondisi ini bisa mengarahkan Anda ke komplikasi yang lebih berbahaya dan bisa menyebabkan kehilangan nyawa.

READ  Mengetahui Jenis-Jenis Spa Tradisional di Indonesia

Pada kasus yang serius, dokter akan memberi penanganan melalui operasi. Pemberlakukan operasi dilakukan manakala benjolan sudah sangat membesar dan memunculkan rasa yang sangat tidak nyaman bagi penderita.

Lantas, apakah hernia inguinalis dapat dicegah? Bisa. Cara terbaik untuk mencegah gangguan kesehatan ini adalah dengan mengenali gejala-gejalanya.

MENGENAL GEJALA HERNIA INGUINALIS

Di bawah ini telah kami rangkum beberapa gejala yang bisa Anda kenali dari jenis hernia ini. Kami berharap rangkuman ini bisa berguna untuk menghindarkan Anda dari faktor resiko hernia inguinalis. Walau tetap saja, menghindari gejala saja tidak hanya cukup dengan membaca. Butuh penerapan dan kesungguhan ekstra agar masalah kesehatan ini bisa dicegah dengan baik.

Kembali pada gejala. Berikut ini adalah gejala dari hernia inguinalis yang bisa Anda kenali dengan mudah.

1. Muncul benjolan pada sisi paha

Seperti yang sudah disampaikan di atas, saat Anda mengalami hernia—terlebih hernia inguinalis—Anda akan mengalami benjolan pada area paha. Kondisi ini sendiri adalah reaksi dan dampak dari hernia itu sendiri.

Benjolan ini adalah reaksi alami dari hernia. Benjolan tersebut tidak dapat disembuhkan dan dicegah. Benjolan ini bisa sembh dengan sendirinya manakala penyebab hernia sudah ditangani dengan baik.

1. Rasa perih dan nyeri pada area benjolan

Benjolan yang tumbuh tidak punya karakter pasif. Ia adalah benjolan aktif. Maksudnya, benjolan ini akan terasa nyeri dan perih; terlebih bila kalian sentuh atau mengalami kontak fisik.

Karenanya, beberapa dokter menganjurkan operasi bilamana benjolan sudah semakin besar dan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderita.

1. Bagian selangkangan terasa lemah dan ada yang tertarik

Jika Anda merasakan lemah dan timbul rasa tertarik pada area selangkangan, Anda harus hat-hati. Bisa jadi itu adalah gejala dari hernia. Gejala ini bisa mengarah pada jenis hernia inguinalis.

READ  Ini, Lho, Gejala Epulis Fissuratum yang Jarang Diketahui!

Namun akan lebih baik bila Anda menghubungi dokter untuk menanyakan lebih dalam tentang gangguan kesehatan ini.

Konsultasi dokter tentu akan sangat membantu; terlebih untuk Anda yang punya gejala serius seperti ini.

1. Muncul pembengkakan pada testis

Pada kondisi yang lebih buruk penderita bisa mengalami pembengkakan pada area testis. Kondisi ini terjadi akibat usus yang sudah turun dan menembus skrotum. Kondisi ini jelas berbahaya dan bisa berdampak serius bagi kesehatan dan keselamatan penderita.

Itulah tadi beberapa gejala dari hernia inguinalis. Gangguan kesehatan ini secara umum tidak berbahaya. Hanya saja pada kondisi yang sudah parah, hernia inguinalis harus ditangan dengan segera untuk mencegah komplikasi dan masalah yang lebih serius.

Sumber gambar alodokter.com