Ini, Lho, Gejala Epulis Fissuratum yang Jarang Diketahui!

Pernahkah Anda mendengar nama penyakit epulis fissuratum? Bagi sebagian orang, tentu tidak tahu apa-apa mengenai penyakit ini. Namun, secara tidak sadar, penyakit ini cukup sering ditemui, lho. Apa, sih, epulis fissuratum dan bagaimana gejala epulis fissuratum? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dilansir dari halaman klikdokter, epulis fissuratum merupakan salah satu jenis tumor jinak yang tumbuh pada area rongga mulut. Epulis jenis ini merupakan salah satu yang terjadi akibat menggunakan gigi tiruan atau gigi palsu. Ketika gigi tiruan bergesekan atau menekan gusi yang memiliki batasan dengan pipi bagian dalam maka akan menimbulkan iritasi. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya epulis fissuratum.

Biasanya, penyakit epulis fissuratum banyak ditemukan pada orang lansia. Namun, tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini juga terjadi pada orang muda. Menurut halaman halosehat, ada beberapa jenis epulis selain fissuratum. Yuk, simak penjelasannya.

READ  Yuk, Ketahui 5 Cara Mengobati Epiglotitis!

Pertama, epulis kongenital di mana terjadi pada bayi yang baru lahir. Kedua, granulomatosa di mana disebabkan oleh infeksi kronis yang tumbuh pada gusi akibat pemakaian protesa yang kurang baik. Ketiga, fibrometosa. Epulis jenis ini menyerang orang dewasa yang diakibatkan oleh iritasi dalam jangka panjang. Keempat, gravidarum yang mana terjadi pada ibu hamil terutama pada masa trimester pertama. Kelima, angiomatus di mana terjadi pada ibu hamil pada masa ditrimester 2.

Gejala epulis fissuratum bisa Anda temukan, salah satunya adalah luka yang berupa lipatan dan berwarna merah muda. Strukturnya pun keras. Luka yang muncul bisa kecil bisa juga luas dan melibatkan jaringan lunak yang langsung bersentuhan dengan gigi tiruan dalam rongga mulut. Biasanya, epulis fissuratum lebih sering menyerang pada bagian rahang depan.

Lalu, apa sih penyebab terjadinya epulis fissuratum? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Gangguan Bakal Benih Gigi

Penyebab pertama terjadinya epulis fissuratum adalah adanya gangguan bakal benih gigi. Apa itu? Gangguan bakal benih gigi adalah adanya bentuk gigi yang tidak sempurna. Hal ini terjadi pada bayi yang memiliki kelainan pada mukosa mulut saat dilahirkan. Akibatnya struktur pada gusi menjadi buruk dan mengalami hambatan pada pertumbuhan gigi.

1. Faktor Keturunan

Adanya faktor keturunan juga memengaruhi penyebab terjadinya epulis fissuratum. Hal ini terjadi karena dalam tubuh seseorang sudah terbentuk sel alami yang bisa cenderung berubah menjadi sel abnormal. Selain itu, adanya pola hidup tidak sehat, suka mengonsumsi alkohol dan rokok juga bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit epulis fissuratum.

1. Tusuk Gigi

Tusuk gigi memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah membersihkan kotoran atau sisa makanan setelah makan. Namun, siapa sangka, jika sering menggunakan tusuk gigi maka akan memicu terjadinya epulis fissuratum. Adanya penggunaan tusuk gigi yang sembarangan bisa menyebabkan jarak antara interdental satu gigi dengan gigi lainnya semakin mengalami pergeseran. Selain itu, menggunakan tusuk gigi dalam jangka waktu panjang dapat memunculkan terjadinya luka dan benjolan pada gusi.

1. Implan Gigi
READ  Mari Mengenal Secara Singkat Mengenai Gejala Epulis!

Adanya pemakaian gigi tiruan dan implan gigi juga bisa mengakibatkan terjadinya epulis fissuratum. Adanya respons hiperplastik yang sering muncul pada area pemakaian implan gigi merupakan pemicu terjadinya kondisi tersebut.

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon merupakan salah satu penyebab terjadinya epulis fissuratum. Biasanya terjadi pada ibu hamil dan memengaruhi kesehatan pada rongga mulut.

Itulah gejala epulis fissuratum yang bisa Anda kenali beserta penyebab terjadinya penyakit tersebut. Yuk, jaga kebersihan gigi agar tidak terkena penyakit epulis.

Sumber: Klikdokter.com