Cara tepat membuat Ramuan Tradisional

Ramuan tradisional sudah merupakan warisan salam negeri kita negeri Indonesia ini . hebatnya mulai dari bahan membuat ramuan tradisional yaitu tanaman herbal , cara membuatnya dan aturan minum nya sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sejarah nusantara kita . ketika seseorang sebelumnya sudah menggalakkan pola hidup sehat dengan cara kembali ke makanan organik , nah ramuan tradisional ini juga mulai digemari sebagian besar masyrakat . Ramuan tradisional dilihat dari manfaatnya untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehata dan penyakit berbahaya daripada obat obatan dokter yang mempunyai efek samping . Bahkan sekarang semaki digencarkannya penelitian dan juga dilakukan uji klinis berbagai macam tanaman obat yang berada diindonesia . banyak dari kalangan medis bahkan mengombinasi pengobatan modern dengan pengobatan tradisional menggunakan ramuan tradisional . dilansir dari deherbal.com ramuan tradisional memiliki beberapa kelebihan kelebihan , yaitu :

  • Memiliki sedikit efek samping
  • Berguna memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Dapat menstabilkan metabolism dan hormone
  • Berguna pemulihan secara alami
  • Lebih mudah diperoleh dari resep
  • Cara pengolahannya tidak rumit
  • Lebih terjangkau daripada obat resep
READ  Mari Mengenal Secara Singkat Mengenai Gejala Epulis!

 

Ramuan tradisional memiliki riwayat panjang sama dengan obat obatan medis . obat medis juga dulunya berawal dari ramuan tradisional namun ramuan tradisional ini lebih sedikit efek sampingnya. Pada saat pengobatan ramuan tradisional membantu dalam pengobatan penyakit yang serius dan penyakit kronis yang sudah lama diderita . dilansir dalam deherbal.com cara pembuatan ramuan tradisional  .

cara pembuatannya yang paling mudah adalah dengan merebus semua bahan bahannya . memasukkan bahan bahannya ke dalam wadah lalu menambahkan air sampai bahan bahannya terendam kurang lebih 2cm dan direbus sambil diaduk aduk dan didiamkan 20 menit sampai bahannya menjadi lembut dan basah . Hal yang perlu dperhatikan sata merebus adalah api dinyalakan sampai maksimal hingga air mendidih lalu api kecilkan seminimal mungkin setelah bahan dimasukkan agar airnya tidak meluap dan tidak menguap dengan cepat sehinnga zat dalam bahan bahan tersebut tidak menguap dan menghilang jangan lupa tutup rapat ketika merebus . wadah yang digunakan merebus pun lebih baik terbuat dari tanah liat yang dilapisi dari keramik atau gelas kaca yang memang tahan panas pada umumnya wadah yang digunakan terbuat dari tanah liat . Dan memperhatikan jumlah air yang digunakan sesuai dengan bahan ramuan yang digunakan karena ada beberapa bahan membuat ramuan tradisional itu gampang menyerap sehingga membutuhkan banyak air lalu besar kecil api yang digunakan mempengaruhi kita merebusnya ketika air yang digunakan banyak berarti api harus besar tetapi ketika api kecil air yang digunakan sedikit . lama merebusnya pun kita harus tahu bagaimana bahan bahannya lunak atau keras contohnya kayu atau akar perlu merebusnya lebih lama dari 10-20 menit dengan api kecil . bahan untuk ramuan tradisional seperti daun dan bunga merebusnya selama hingga 5 menit . setelah selesai merebus semua bahan ramuan tradisional jangan lupa saring hasil rebusan dan biarkan lah air hasil rebusan sampai cukup dingin dan baru bisa diminum . ramuan tradisional ini hanya bertahan selama 1 hari untuk diminum dalam artian ramuan tradisional ini tidak bisa diminum besoknya .selain dengan cara merebus  ada beberapa cara lagi seperti memipis , menggongseng , mengembunkan.

READ  Mengalami Kantuk¬† dan Sakit Kepala yang Parah? Awas, Gejala Epidural Hematoma